Monday, February 22, 2010

si TOMAT dan WORTEL

gak tau kenapa semenjak hamil bumil jadi senengggg bgt bikin jus tomat dan wortel, wlpun banyak yg bilang rasanya ga enak dan baunya langu..tapi buat bumil jus tomat n wortel ini rasanya suegeerrr bgt..aplg klo dmnm dingin2 wuihh nikmat..hampir stiap hari bumil bikin jus ini. dengan mencampurkan 2 buah wortel n 2 buah tomat, plus segelas air putih. kalo bumil ga dlarang dokter minum yg manis2 siy pasti dah bumil tambahin susu kental manis tu hehe. bisa jg kalo yg ga suka baunya dcampur sama jeruk nipis sedikit aja.

gara2 keranjingan minum jus ini, lama2 mikir juga "bahaya ga siy buat janin? kan sekarang bumil ada baby z di rahim, dia bakalan makan apa yg bumil makan jg", langsung aja bumil searching2 di google..
dan ini hasilnya bumil copy dr berbagai info..mdh2an bs menambah pengetahuan qt.


MANFAAT JUS TOMAT.
Jus tomat termasuk salah satu jus yang digemari. Jus tomat buatan sendiri sangat kaya nutrisi dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan
Pertama, jus tomat mentah adalah sumber lypocene yang terkenal sebagai zat anti oksidan pencegah kanker. Selain itu, lypocene juga baik untuk sirkulasi darah termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.(tu..bs mencegah hypertensi pada bumil2)

Kedua, jus tomat mentah mengandung potasium, salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh manusia. Kekurangan potasium dapat menyebabkan kelelahan. (bumil butuh lbh bnyk mineral dr wanita yg ga hamil).

Ketiga, just tomat bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin C, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. (wah jgn sampe kekebalan tubuh bumil menurun n jd sakit d, krn klo sakit kasian si baby d kasi obat2)

Jus tomat juga dapat meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki sistem pencernaan. Minum jus tomat yang dicampur dengan bayam dapat menghilangkan konstipasi / susah buang air besar
(hayo2 bumil2 yg pd sembelit).

 Jus buah tomat mentah tidak memiliki efek samping yang buruk, jadi cukup aman untuk diminum dalam jumlah yang besar.

MANFAAT JUS WORTEL.
Wortel dikenal sebagai sayuran yang bisa juga jadikan jus. Jus wortel memiliki banyak manfaat bagi kita untuk usia yang masih dini. Selain itu, jus wortel juga punya berbagai manfaat untuk kesehatan

Warna kuning/oranye dari wortel menunjukkan kandungan karotin. Jus wortel memiliki efek terhadap kesehatan. Minum jus wortel juga bagus untuk efek pembersihan liver dengan kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini. Vitamin A mengurangi empedu dan lemak di dalam liver.

Dalam wortel juga ada kandungan vitamin E, yang membantu mencegah kanker. Jus wortel yang dicampur dengan susu juga merupakan vitamin A ideal untuk bayi.

Jus wortel juga cocok dicampur dengan jus buah lainnya. Gangguan sakit-sakit di usia tua pun juga dapat terbantu dengan rutin minum jus wortel tiap hari.

Jus wortel juga bagus diminum ibu hamil. Kandungan Beta carotene dalam buah ini juga merupakan anti oksidan, yang bagus buat ibu dan calon bayinya.

Selain itu anti oksidan juga membantu memperlambat proses penuaan. Buah lain yang kaya anti oksidan adalah berry. Kedua buah ini bisa dijus bersama-sama atau secara terpisah.

selain itu jus wortel jg bermanfaat sbg :
- Jus wortel berguna sebagai anti-inflammatory dan menyegarkan kulit.
- Jus wortel dapat membantu mencegah kanker
- Jus wortel membantu memudarkan bercak-bercak di kulit
- Jus wortel yang dikonsumsi tiap hari mampu mengatasi kulit kasar karena bercak dan pigmentasi pada kulit.


nahhh dah jelas kan manfaatny..dan ga masalah jg diminum tiap hari buat bumil n baby, oiya bumil minum jus itu dsaring, dan ampasnya bumil pake buat masker muka, biar muka jd lebih halus n cerah. klo kata peribahasa mah sekali mendayung dua 3 pulau terlampaui, manfaat buat kesehatan dapet..manfaat buat kecantikan juga dapet..yuk tiap hari qt mnm jus ini, selamat mencoba ya..


2 comments:

  1. wah, ini bumil rajin. mash sempet ngejus. aku paling males,,padahal kepingin. klo inget pas nyuci blendernya itu lho..hehheeh.
    jadi sukanya makan langsung ja, pisang,,,tomat juga langsung masuk mulut aja..

    ReplyDelete
  2. wah malah bagus tu put lgs masuk mulut "haap", selain lgs masuk mulut aku jus krn aku pgnny minum dingin2 put biar segerrr..aplg lg musim panas kya gini jd adem hehe.

    ReplyDelete