Tuesday, April 6, 2010

PRE-EKSLAMSIA.

setelah bumil curhat disini, perasaan bumil dah mendingan niy..jadi bumil mulai nulis2 lagi..kali ini bumil mw share tnt pengalaman tmn bumil, RADHIA yg dinyatakan dokter positif pre-ekslemsia di kehamilan 36 minggu..setelah dpt ijin dr ybs ini bumil copy-in sharenya dia, monggo dibaca bumil2 buat nambah pengetahuan qt eh buat calon bapak jg boleh loh dibaca biar bs jaga n ingetin istrinya :).

PRE-EKSLAMSIA.
2nd day at hospital.. bener2 boring, padahal badan berasa sangat fit buat diajak muter2 belanja dan jalan2..
jumat kemaren waktu kontrol rutin little widhi yang udah masuk 36 weeks, dokter tjahja dengan muka seriusnya menyuruhku buat cek urin. Ternyata tensiku memecahkan rekor tensi tertinggi selama ini, yaitu 170/110. Tanpa mikir apa2 (krn dulu juga sudah pernah kejadian kaya gini, disuruh cek urin krn tensi 150 dan gak ada temuan apa2), akupun cek urin dan masih sempat2nya mampir dulu ke ayam penyet ria makan malem sambil menunggu hasil lab. Pas hasil tes dibawa lagi ke dokter, dokter langsung nyaranin buat nginep di RS, krn positif ada kandungan protein di urin. Kemudian dokter kandunganku ngerujuk ke dokter spesialis penyakit dalam. Di dokter internist ini cuman diperiksa pake stetoskop dan liat bola mata. Sampe sekarang aku masih mikir, apa yaaa kepentingan internist dalam hal ini. Untung aja dicover asuransi, kalo enggak tewas juga bayar mahal cuman buat distetoskop doank :)


Malam itu, masih dengan gaya pulang ngantor, aku langsung diopname. Hari itu memang hari terakhirku kerja, sengaja ambil cuti dipercepat krn udah niat mau jaga makanan dan mau olahraga. Selama ini selama kerja makananku emang sangat tak terjaga. Di awal trimester ketiga badan udah susah diajak kerjasama turun ke dapur, mana PRT yang udah direquest dr jauh2 hari belom dapet2 juga. Jadilah pantangan garam yg sudah diwanti2 dokter terabaikan, karena selalu beli makan luaran. Di kantorpun aku udah males denger komen org2, yg naga2nya lebih ngerasa capek liat aku hamil (halloww... gw aja yg hamil biasa2 aja tuch). Gak disalahin juga sih, (dan andai aku lebih aware dari awal, sebenrnya ini adalah tanda2 preekslamsia dini), soalnya badanku gede bgt, dengan kaki yg bengkak. Coba aku lebih aware dan curiga dini, kenapa pipisnya dikit sedangkan minumnya banyak, ya wajar lah badan gembung gt :)


Sebelum diopname dokter wanti2 mau ngasih antibiotik (untuk infeksi sal kemih), anti kejang (untuk pencegahan bayi kejang krn tensiku yg sangat tinggi), infus dan obat buat turunin tensi. Yg mau aku highlight disini adalah suntikan anti kejang. Ya allaahhh... itu bener2 bikin kejang yg disuntik :) Soalnya masukin obatnya pelan2, krn sifat obatnya yg panas. Dan pas masuk ke badan, badan kita langsung panas perih gt.Mana disuntik 2x pula, di kaki kanan dan kaki kiri. Kalo gak inget ini buat keselamatan little widhi, aku udah kabur aja dari RS :p

Pemantauan sementara tensiku udah mulai menurun. Tapi sempat juga bbrp kali naik lagi ke 150. Banyak yg bilang aku kebanyakan pikiran, tapi let me answer, asli aku tidak punya pikiran dan ketakutan apa2. Jika ada yg takut melahirkan, ketakutan punya tanggung jwb lebih, dsb, tidak sedikitpun aku punya kepikiran kaya gitu. Aku tau ini adalah masalah kodrat dan hukum alam, lagian emang ada pilihan laen gt buat brojolin bayi selaen dengan cara alami itu?? Kalopun emang melahirkan dan punya anak itu mengerikan, knp ada yg mau punya anak sampe 10??? hehehe :> Saat ini aku tengah gembira2nya, lagi suka2nya hunting belanjaan buat little widhi, lagi penasaran2nya sama wajah little widhi. kalo soal persiapan mental insyaallah udah 110%. Lucky me, punya banyak temen sharing dan semua informasi udah betrebaran di internet, sehingga menjadi lebih siap menikmat setiap proses yg akan terjadi dan belajar buat berpositif thinking.

Kata dokter, dengan tren tensiku sekarang, harusnya hari ini aku udah boleh pulang, dengan tetap mengkonsumsi obat penurun tensi. Wost case adalah kehamilanku diterminasi di week 36 ini jika tensinya masih tinggi, little widhi dipaksa lahir lebih cepat. Namun belakangan keluargaku punya pemikiran laen, bahwa stabil gak stabil, kehamilanku tetap diterminasi. Pertimbangannya adalah krn gak ada yg bisa ngukur tensi di rumah, lagian peningkatan tensi itu tidak memberikan reaksi apa2 ke aku sehingga aku gak bakal bisa segera tau ada bahaya sehingga mengunjungi dokter saat saat tensinya naek lagi. Awalnya aku agak2 gak bisa nerima pemikiran ini, krn selama ini aku mempersiapkan diri untuk melahirkan normal, alami pada waktunya, dan sedikit persiapan mental buat nerima tindakan sesar kalo yg aku inginkan gak berjalan sesuai harapan. Lama juga sih bengong pas denger saran dr keluarga2 ku, sampai akhirnya aku sadar bahwa aku harus tahu diri dan tidak egois, yg tadi itu hanya keinginan idealku. Saat ini little widhi di dalam sana terancam nyawanya. Jika tensiku naek lagi, dia bisa kejang2 dan tak tertolong, atau kasus laennya aku pendarahan dan juga tak tertolong. Astaghfirullah ya allah...

Oiya..mengenai preekslamsia = keracunan kandungan, setelah aku baca2 penyebabnya secara medis belom diketahui, namun berpeluang terjadi pada kehamilan pertama, pada yg punya sejarah hipertensi (not me) atau punya sejarah preekslamsia pada ibu/ sodaranya (not me). YG aku tangkap, kaki bengkak, urin berkurang, ada kandungan protein pada urin, penglihatan jadi kabur, tensi tinggi, berat badan meningkat drastis, dll adalah efek dan tanda2 preekslamsia ini. Jadi bukan berarti ini kudu diet2 gak mau makan dan makan dikit loh ya, cuman emang kudu teratur dan mengikuti diet yg disuruh dokter (diet garam / diet gula / diet carbo dsb). Jangan smape gara2 emaknya takut preekslamsia, si baby dalam perut jadi kurang gizi karena kita nahan2 makan, intinya kalo mau apa2 tanya dulu sama dokter.


Oke deh.. demikian sedikit sharing dr aku, terutama buat temen2 yg lagi hamil. Pokoknya belajarlah buat membaca alarm dr badan, dan kayaknya jurus buat gak menganggap remeh suatu hal kecil yg terjadi pada badan kita ( flu / bengkak / mimisan dll) tidak bisa kita terapkan 100% pada saat hamil ini.


Akhir kata, doakan aku ya teman2, apapun tindakan medis nantinya, itu adalah jalan terbaik yg ditentukan allah buat aku, little widhi, si ayah, dan smuanya..


nahhh dah baca kan..disitu dah dijelasin jg penyebabnya apa.., jd bukan krn hamil trus qt bebas makan semaunya qt (ngidam), dan seperti yg dhia blg qt jg hrs alert ma alarm tubuh..saran bumil..klo tmn2 ngerasa ada yg 'diluar kebiasaan' lgs deh cek n tanya2 dokter..jgn sampe pas waktunya dah mepettt bgt ma due date qt br tau, klo dr awal2 dah tau kan masi bs dicegah klo ada gejala, atw setidaknya diminimalisir lah resikonya. ayo bumil perhatiin lg "adakah perubahan2 pd diri teman2 selama hamil yg diluar normal?",
duh bumil doain semuanya sehat2 aj ya dan lancar sampai melahirkan :)

note: 2 hari stlh berita diatas bumil dpt kabar dr radhia bahwa demi kebaikan ibu dan bayinya dokter memutuskan untk determinasi bayiny di usia 36 minggu itu, dan alhmdl dhia bs melahirkan normal seorang bayi perempuan :).

2 comments:

  1. Thanks yaaa buat sharing infonya.
    Karna terus terang saat ini sedang ketar-ketir kena pre-ekl. Ada beberapa gejala yang ada padaku hiks...padahal aku baru 32 w

    ReplyDelete
  2. bunda naru jgn khawtir dl..nanti tensinya malaah tinggi klo qt khawatir..gpp dpantau aj dl ma dokter n kurangi garam. aku doain bunda n baby naru sehat selalu :), aku tu kbr selanjutnya ya..

    ReplyDelete