Thursday, July 31, 2014

Sekolah Zoya di Jakarta (part 1)

Errr sebenernya judulnya kurang tepat juga sik, jakarta coret padahal mah. tapi gapapa lah ya kan deket ini sama jakarta, jadi boleh pake judul itu yaaa. kali ini sebelum mommy cerita tentang sekolah baru kk zoya disini, mommy mau share 2 sekolah zoya di jakarta. Biar si kk punya memori juga tentang sekolah pertamanya, dan teman-teman masa kecilnya.

Zoya pertama kali sekolah umur 2th 8bln, masi piyik banget ya. Sebenarnya banyak banget pertimbangan kita waktu itu. Alasan yang paling utama adalah cari kegiatan positif dan terarah untuk si kakak. Jujur saat itu mommy udah ga konsisten menciptakan/ngajak bermain yang kreatif untuk kakak, rasanya tenaga dan pikiran mommy udah abis buat kean, it sound unfair right? maafin mommy ya kak.. keadaan kita yang waktu itu lagi renov rumah, jauh dari daddy, ditambah ga punya maid dan punya bayi yang baru 7 bulan dan lagi sibuk2 mpasi itu rasanya 24 jam kurang buat mommy.

Dan ga tega banget liat kakak lebih banyak main sendiri yang ga jelas, akhirnya mommy dan daddy memutuskan untuk menyekolahkan kk. Biar kakak happy juga punya temen2 baru, kegiatan baru, dan jujur mommy juga pengen punya waktu colongan berdua kakak, untuk mengganti waktu kita yang kurang intens selama ini. mommy ingin nungguin kakak disekolah, ingin melihat kakak bermain dan bersosialisasi, dan ingin menjadi orang yang paling pertama dikasi tau pihak sekolah tentang perkembangan kakak.

di sela-sela waktu yang padat, mommy dan kakak cari2 sekolah, sementara dedek ditinggal dirumah sama uti. kita cari sekolah yang dekat dari rumah, waktu itu pilihan yang bisa masuk kategori umur zoya hanya ada 2. yaitu tumble tots dan KIDEA. Pertama yang kita liat adalah tumbletots, saat itu pas kita datang sedang berlangsung kelas untuk anak umur 3 tahun. kalo mommy amati di tumble tots ini lebih banyak ke motorik kasarnya, untuk motorik halusnya tetap ada spt mewarnai, menggunting dan menempel, tapi tetap kurang berimbang menurut mommy. di tanya si kakak kurang excited, cuma diem aja ngeliatin anak2 yang lagi pada sekolah. mungkin karena ga ada 'mainan', hanya ada balok2 dan lorong2 buat gymnastic anak, jadi respon dia datar aja deh.

oke lanjut ke TKP selanjutnya, KIDEA. sebelumnya mommy udah googling2 jg kidea ini. Alamatnya masi satu komplek dengan kita, cuma tetep lah ga  bisa jalan kaki, kudu ngangkot ato ngojek. sampai sana kelas udah bubar, hanya ada admin dan securitynya. Mommy tanya2 tentang kurikulumnya, mereka itu montessori, tp untuk kelas 2 thnan belum full montessori, rationya juga kecil, untuk kelas zoya nanti ada 6 murid dan 2 guru dalam 1 kelas, enak kan? seminggu hanya 3x. udah gitu keamanannya juga terjamin, penjemputnya hanya orang yang terdaftar aja, klo yang jemput orang yang ga ada di list, maka ortunya akan di hubungi pihak sekolah. Komunikasi dengan sekolah juga bagus, ortu murid akan dikasi buku penghubung yang setiap minggu akan diisi oleh teachernya tentang perkembangan anak kita. lesson plan monthly akan diinfokan ke orangtua, jadi kita tau tema perbulan apa, dan hari ini belajar apa aja, plus juga ada selebaran lagu2 yang dinyanyikan di sekolah. oiya bahasa pengantar mereka bahasa inggris, sejauh pengamatan mommy beneran full english, saat diluar jam pelajaran dan ketika teachernya menemani bermain jg tetap berkomunikasi in english. Tapi ga usah khawatir si anak ga akan mengerti, karena mereka berbicara sambil mencontohkan atau menunjukkan benda/maksudnya.

untuk tempatnya sendiri kidea itu rumah yang disulap jadi sekolah, minusnya benar2 dipinggir jalan, tapi ada security koq yang ngawasin, jadi anak2 ga akan nyelonong aja keluar pager. kidea sendiri punya namanya kidea town, bisa diliat di webnya buat penampakannya, anak2 seneng banget main disini, bisa pretend play di supermarket, kantor pemadam kebakaran dll.



Setelah diskusi sama daddy akhirnya kita sepakat bikin appointment trial untuk kakak. selama trial si kakak seneng banget, cuma emag ga mau ditinggal sama mommy. akhirnya sehari itu mommy nemenin kakak dikelas. setelah selesai mommy tanya

"kakak senang ga sekolah disini?"
"seenang"
"mau sekolah disini?"
"mau."

Okesip langsung daftar saat itu juga.

3 bulan berlangsung ternyata allah punya rencana lain buat kita, yang akhirnya kita harus balik lagi ke philippine. dengan terpaksa zoya berhenti dari kidea. selama 3 bulan itu banyak perubahan ke arah positif yang di dapat dari sekolah. walaupun ada fase ON-OFF MOOD nya, sempat beberapa kali zoya nangis2 ga mau mommy tinggal, dan berakhir bisa dibujuk miss nya dengan sticker. sampai sekarang kalo ditanya tentang sekolahnya di kidea zoya masi ingat, dan kadang dia suka bilang "kakak mau sekolah di kidea lagi."

kk lagi trial dg miss Ari.

bikin cap tangan, dibantu dg miss dian. ada teman2 kk namanya abka dan arya.

snack time. dari sekolah disediain snack buah2an. tapi boleh juga mbekel sendiri.


iyey udah resmi jadi murid KIDEA

No comments:

Post a Comment